kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Cara Memasang Plug-in WebP di Adobe Photoshop Windows&macOS


Lembar Kertas - Apa itu WebP? WebP/WebPShop merupakan sebuah format gambar yang menggunakan kompresi lossy dan lossless. Untuk saat ini WebPShop dikembangkan oleh Google dengan teknologi dari On2 Technologies.

Format ini biasanya digunakan untuk pengembangan aplikasi, baik itu mobile maupun pengembangan website.

Kelebihan dari format .WebP ini akan membuat gambar yang dihasilkan memiliki ukuran lebih kecil dengan kulitas yang sama baiknya dibandingkan format lain seperti .JPEG atau .PNG. Tak diragukan juga, jika website kita menggunakan format gambar ini akan mempercepat loading dan menaikan rating page score di web.dev maupun website sejenis lainya.

Kamu bisa mengkonversi format gambar JPEG,PNG dan lainya menjadi WebP secara online maupun offline menggunakan software Photoshop misalnya. Namun, untuk format webP ini belum ada secara default untuk bawaan dari adobe. Jadi kamu harus meng-install sendiri melalui tutorial berikut.

Cara memasang Plugin WebPShop di Adobe Photoshop

Kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara memasang plugin WebPShop ke Adobe Photoshop.

Langkah pertama pastikan kalian sudah memiliki aplikasi Adobe Photoshopnya. Untuk versi Photoshop sendiri saya menggunakan versi CS6, kamu bisa menerapkan PlugIn ini ke semua versi Photoshop baik itu versi CS maupun CC.

Download Plug-in WebPShop


Jika sudah, kamu bisa download PlugIn melalui link dibawah ini. Pastikan kamu mengunduh sesuai dengan versi OS dan versi berapa bit. Untuk esktensi file download pastikan berformat .8bi untuk windows dan format .plugin untuk macOS.
Link Download

Memasang Plug-in WebP di Windows dan macOS

Selanjutnya pindahkan ke tempat instalasi folder Adobe Photoshop kamu, tepatnya berada di folder plugin.
  • Windows: Pindah file plugin WebPShop.8bi ke C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop\Plug-ins untuk versi x64, kemudian restart Photoshop.
  • MacOS: Pindah file WebPShop.plugin ke Applications/Adobe Photoshop/Plug-ins, kemudian restart Photoshop.
Di macOS 10.15+, akan muncul pop up "WebPShop.plugin cannot be opened because the developer cannot be verified", atasi dengan melakukan bypass melalui Terminal dan ketikan sudo xattr -r -d com.apple.quarantine "/Applications/Adobe Photoshop 2020/Plug-ins/WebPShop.plugin"

Untuk mengetahui apakah PlugInya sudah terpasang atau belum, silahkan buka menu Help dan cari bagian About Plug-ins. Pastikan WebP sudah  ada dibagian opsi tersebut.

Jika ingin menyimpan gambar dalam bentuk format .WebP, kamu hanya tinggal Save As saja dan pilih WebP ekstensinya.


Nah itu dia tutorial cara memasang plug-in WebPShop ke dalam software Adobe Photoshop versi Lembar Kertas, semoga berhasil.

Related Posts
Terbaru Lebih lama
M Rizki Prayogo
Content Writer, Copy Writer

Related Posts

Posting Komentar

//